Budaya ‘Jangan Show Off’

‘Temen diskusi itu penting.’ Begitulah quote yang muncul dalam percakapanku dengan Jeje.

Termasuk memperbincangkan salah satu topik yang pernah diangkat oleh Mba Keinesasih dalam akun Twitternya @keinesasih . Saat itu dia mengutarakan pendapatnya bahwa di Indonesia ini ada suatu budaya yang ‘mengucilkan’ anak yang pintar. 

Menjadi cerdas, dengan salah satu indikasinya menjadi rajin bertanya pada suatu forum (misal ruang kelas) adalah tidak ‘sopan’. Memperlihatkan kecerdasan adalah tabu, dalam budaya yang menjunjung sopan santun. Konon.

Namun, ternyata hal seperti ini juga berlaku pada yang lainnya. Singkat cerita, aku membicarakan budaya di kota kecil yang ‘membatasi’ anak yang berada (bahasa gaulnya tajir) untuk menunjukkan kemampuan finansialnya dengan memakai barang-barang mahal atau bermerek. 

Memakai barang mahal di belantara lingkungan yang marginal menjadi aneh dan cenderung untuk ‘dimusuhi’. Kesulitan lainnya adalah mencari teman yang tulus. Dalam benak anak-anak tajir ini, ada pikiran ‘takut dimanfaatkan’ oleh teman-temannya yang berstatus ekonomi lebih rendah jika dia memperlihatkan standarnya. Mengendarai mobil saja ‘ngumpet-ngumpet’ jika di kota kecil. 

Barulah di kota besar seperti Jakarta, hal ini jarang terjadi. Secara penampilan, khalayak tidak bisa semudah itu menebak status ekonomi seseorang di sini. Dan menjadi berbeda di kota besar adalah hal biasa. Bahkan jika kamu tajir melintir, akan tetap bisa mendapat teman-teman yang tulus yang tak pandang status ekonomi.

Yang bisa ditarik adalah budaya ‘jangan show off’ memang masih kental di Indonesia. Sesuatu yang menghambat kemajuan ku rasa. Sedikit banyak berpengaruh pada penghargaan terhadap orang lain. Oh iya, baru ngeh.. nggak usahlah bicara soal keberagaman yang lebih besar kalo hal sesederhana ini masih bisa menjadi jurang ketimpangan :p 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s