Bing..Bing..Go!

“Gordon Ramsay? Siapa dia?”

“Tanya Mbah Google sih. Hareee geneeee.”

Kira-kira begitulah dialog yang kerap kita dengar ketika ada seseorang tidak mengerti apa yang kita bicarakan, kemudian spontan kita menjawab ‘tanya mbah Google”.

“Mbah Google” yang dimaksud sudah pasti kita tahu, dia adalah mesin pencari Google. Dengan Google, sepertinya tidak mungkin kita tidak menemukan jawaban. Bahkan ada yang bilang, yang bisa menyaingin Google hanyalah Tuhan. Hahaha..

Google sendiri didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 4 September 1998. Saat itu keduanya masih jadi mahasiswa Ph.D di Universitas Stanford. Seperti dikutip dari wikipedia.org, misi Google adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”, dan slogan tidak resminya adalah “don’t be evil”. Sejak didirikan, Google sudah menghasilkan berbagai produk. Yang paling familiar tentu saja surat elektronik atau email, serta situs Youtube dan Blogger, di samping banyak produk lainnya. Tak hanya software, Google pun mengakuisisi Motorola pada tahun 2012 lalu.

Sebenarnya mesin pencari tak hanya Google. Yang tidak jarang dipakai pula adalah Yahoo dan Bing. Daripada Yahoo, saya sendiri lebih memilih Bing. Entah mengapa. Tapi untuk hal-hal yang tidak terlalu mainstream, Bing lebih memuaskan saya. Contohnya ketika saya menyukai grup penyanyi asal Meksiko, Sin Bandera. Di Google pasti ada, tapi apa yang saya temukan di Bing lebih anti mainstream istilahnya.

Bing juga memuaskan saya untuk pencarian gambar. Begini, bukan berarti gambar tersebut tak ada di Google, tapi pencarian di Google pada halaman belakang biasanya akan tampil di halaman depan di Bing. Hal ini terkait dengan letak geografis.

Fyi, Bing ini kepunyaan Microsoft, dan baru diluncurkan empat tahun lalu, yaitu 1 Juni 2009. Bing ini sebelumnya Live Search, Windows Search, dan MSN Search. Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan berbagi historis pencarian lewat Skydrive, Facebook, dan email. Oya, satu lagi, saya suka tampilan Bing. Terutama background halaman utamanya. Fotonya keren-keren!! 😀

Tampilan halaman depan Bing.com

Gambar

 

Gambar

Tapi sejauh ini, saya tetap memakai Google untuk keseharian saya. Lebih user friendly, banyak fitur seperti Google document yang bisa gunakan untuk menyimpan data. Dan masih banyak lagi fitur yang kalau mau bisa kita gunakan. Tapi kalau hanya untuk pencarian standar, Google sudah cukup memuaskan. J

Advertisements

2 thoughts on “Bing..Bing..Go!

  1. Hi Nuning,

    banyak yang beranggapan, mbah google menjadi semacam “dewa” pengetahuan. tak jarang, banyak orang (peselancar) di dunia maya mengandalkan mesin pencari untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka. yang harus kita pahami adalah google bukan pengetahuan itu sendiri.

    Sekedar Informasi, modul jurnalisme online mid-semester dapat anda unduh di tautan ini

    salam
    ojclass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s